Thursday, October 02, 2008

Words

Words without thoughts never to heaven go
(William Shakespeare)

Setiap hari, setiap jam, bahkan setiap detik kita bermain dengan kata-kata. Ribuan kata-kata sudah kita hamburkan. Lewat lisan juga tulisan. Menyuarakan perasaan, mengungkapkan isi hati juga menyampaikan pikiran. Bahkan sadar dan tak sadar kita seringkali menggunakan kata-kata yang menjatuhkan. Kata-kata yang tak hanya terdengar menyakitkan tapi juga merusak. Merusak mental bahkan harga diri si pendengar. Namun di sisi lain, banyak sekali kata-kata yang bisa menyentuh hati kita, menginspirasi juga memotivasi.

Begitulah, kata-kata seumpama janus, pisau bermata dua dalam mitologi yunani. Di satu sisi bisa menyembuhkan di sisi lain mematikan. Mungkin sudah saatnya bagi kita untuk lebih bijaksana menggunakan kata-kata. Mengingat begitu dahsyat sebenarnya pengaruh dari kata-kata bagi diri sendiri dan orang-orang disekitar kita. Banyak kata-kata dari orang hebat di dunia yang menginspirasi hingga berpuluh tahun setelah masa kehidupan mereka. Kata-kata hebat itu tidak terangkai begitu saja. Mereka berasal dari kata-kata sederhana. Kata-kata sederhana yang menjadi bermakna ketika dikuatkan oleh sikap.

Begitulah, bahkan dalam berkata-kata kita pun mengabaikan hal-hal kecil. Hal-hal yang kita anggap biasa dan sederhana. Jika dalam hal yang biasa saja kita tak mampu memilih kata-kata yang tepat maka jangan heran kalau kata-kata yang kita keluarkan selama ini hanya sekedar kata-kata. Pepesan kosong tanpa makna. Kita harus banyak belajar untuk pandai berkata-kata. Agar kata-kata tak sekedar rangkaian vokal dan konsonan tanpa makna. Tapi juga memiliki nilai bagi diri kita dan orang lain. Membiasakan diri untuk memakai kata-kata yang tepat bahkan dalam hal yang kita anggap paling sepele. Maknai kata-kata dalam sikap agar ia menjadi bernilai. Perhatikan kata-kata yang ingin kita mainkan dalam kehidupan. Pastilah hidup akan menjaga kita dari kesia-siaan.

No comments: